Empat Orang Dosen PGSD UNSAM melaksanakan Aktualisasi CPNS KEMENDIKBUD 2019


Sebanyak empat dosen PGSD melaksanakan aktualisasi CPNS KEMENDIKBUD 2019 yang merupakan sebagai persyaratan dalam menyelasaikan pelatihan dasar CPNS. Keempat dosen tersebut adalah Ary Kiswanto Kenedi, S.Pd., M.Pd., Ronal Fransyaigu, S.Pd., M.Pd. Dini Ramadhani, S.Pd., M.Pd. dan Rapita Aprilia, S.Pd., M.Pd. Bapak Ary Kiswanto Kenedi mengangkat isu mengenai publikasi ilmiah. Beliau menyatakan bahwa sebagai seorang dosen wajib melaksanakan kegiatan publikasi ilmiah dalam meningkatkan tridharma perguruan tinggi oleh sebab itu perlunya peningkatan proses publikasi ilmiah melalui seminar dan pelatihan publikasi ilmiah yang bereputasi. Bapak Ronal Fransyaigu, S.Pd., M.Pd menyatakan bahwa perlunya inovasi dalam penyusunan skripsi mahasiswa pada masa pandemic covid 19. Beliau menyampaikan bahwa perlunya sebuah system bimbingan yang dilakukan secara online. Oleh sebab itu perlunya pengembangan SOP dalam penyusunan skiripsi  mahasiswa secara online dengan menggunakan aplikasi elsa.


Ibu Dini Ramadhani, S.Pd., M.Pd menyatakan bahwa selama ini mahasiswa mengalami kesulitan dalam proses mensitasi pendapat para ahli. Beliau menyampaikan bahwa perlunya sebuah upaya dalam melatih kemampuan siswa dalam melakukan sitasi.  Oleh sebab itu perlunya pelatihan menggunakan aplikasi mendelay dalam proses sitasi. Ibu Rapita Aprilia, S.Pd., M.Pd, menyatakan bahwa PGSD merupakan program studi yang menghasilkan lulusan untuk jadi seorang guru SD. Menjadi seorang guru SD harus memiliki berbagai kompetensi salah satu nya kompetensi dalam membuat prakarya. Oleh sebab itu perlunya sebuah handbook yang dapat menjadi sumber referensi mahasiswa PGSD dalam melakukan prakarya. Maka beliau mengembangkan sebuah handbook untuk meningkatkan kemampuan prakarya mahasiswa PGSD.


Bapak Drs. Sukirno, M.Pd mengungkapkan rasa bangga terhadap CPNS PGSD UNSAM tang selalu berinovasi dalam meningkatkan mutu PGSD UNSAM. (AKK)