Posted : Maret - 28, 2020 - by user11 akademik

MAHASISWA PGSD UNSAM MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM SEBAGAI SOLUSI PELAKSANAAN PERKULIAHAN SEBAGAI ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19.


Langsa, 28/03/2020. Berdasarkan edaran rektor Universitas Samudra nomor 1287/UN54/SE/2020 tentang tindakan pencegahan penyebaran COVID-19 dilingkungan Universitas Samudra maka semenjak tanggal 16 maret 2020 sistem perkuliahan tatap muka berubah menjadi sistem  Assignment Based Lecture dengan memanfaatkan berbagai jenis media sosial sebagai perantara pelaksanaan proses perkuliahan tersebut.


Keadaan ini mampu menciptakan inovasi baru dalam proses pembelajaran jarak jauh. Kesempatan ini dijadikan sebagai peluang oleh dosen PGSD Universitas Samudra untuk mengembangkan pembelajaran jarak jauh. Bapak Drs.Sukirno, M.Pd sebagai ketua prodi PGSD Universitas Samudra mengungkapkan bahwa pembelajaran di prodi PGSD akan seperti biasannya sesuai dengan RPS yang telah disusun oleh dosen PGSD, yang membedakannya adalah sistem pembejaran tatap muka diganti dengan sistem pembelajaran berbasis online dengan kesepakatan dosen dan mahasiswa.


Salah satu dosen PGSD Universitas Samudra, bapak Ary Kiswanto Kenedi menyatakan bahwa pada mata kuliah yang beliau ampu menggunakan pembelajaran online dengan memanfaatkan aplikasi ZOOM. Beliau menyatakan bahwa aplikasi ZOOM merupakan salah satu aplikasi yang memungkinkan terjadinya kelas virtual. Penggunaan aplikasi ini merupakan produk dari workshop online yang dilaksanakan oleh UP TIK yang dibimbing langsung oleh ketua UPT TIK Universitas Samudra, yaitu Bapak Munawir.  Proses pembelajaran menggunakan ZOOM sangat lah mudah dan memungkinkan adanya peserta kelas sebanyak 100 orang.


Diwawancarai terpisah, Melva, mahasiswa PGSD stambuk 2018, menyatakan bahwa penggunaan aplikasi ZOOM sangat mudah digunakan. Selain itu pembelajaran menjadi interaktif dikarenakan proses pembelajaran dapat dilaksanakan dari smartphone yang menjadi teknologi yang sering digunakan oleh mahasiswa.  Melva juga menyatakan bahwa pada akhir pembelajaran kelas mereka membuat social campaign dan moral support terhadap tim medis Indonesia yang menjadi garda utama dalam mengatasi penyebaran virus COVID-19 ini. Vidio ini menjadi viral dan sudah repost oleh berbagai macam sosial media terkenal seperti update.aceh . Adapun vidio tersebut dapat dilihat pada tautan berikut  https://www.instagram.com/p/B-PjC_ihb3U/?igshid=12u48c1h1dxcg (AKK).