Capaian Pembelajaran







































































































































































No.



CAPAIAN PEMBELAJARAN



SUMBER



  1. A.  ASPEK SIKAP

 1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. (S-1)



Lampiran Permendikbud nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi



2



Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. (S-2)





Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S-3)





Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. (S-4)





Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (S-5)





Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-6)





Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (S-7)





Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S-8)





Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (S-9)



10



Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. (S-10)



  1. B.     ASPEK PENGETAHUAN

 1

Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar. (P-1)



Hasil Asosiasi Dosen PGSD Indonesia yang ditetapkan pada Februari 2015 di Yogyakarta. Sudah diunggah ke Dirjen Dikti.





Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial. (P-2)





Menguasai pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, dan SBdP. (P-3)





Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar. (P-4)





Menguasai konsep dan teknik  evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran di sekolah dasar. (P-5)





Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar. (P-6)





Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran. (P-7)



  1. C.    KETERAMPILAN UMUM

 1

Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU-1)



Lampiran Permendikbud nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi



 2



Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU-2)





Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.  (KU-3)





Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU-4)





Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. (KU-5)





Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. (KU-6)





Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. (KU-7)





Mampu melaksanakan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. (KU-8)





Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. (KU-9)



  1. D.    KETERAMPILAN KHUSUS

 1

Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar secara bertanggung jawab. (KS-1)



Hasil Asosiasi Dosen PGSD Indonesia yang ditetapkan pada Februari 2015 di Yogyakarta. Sudah diunggah ke Dirjen Dikti.





Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar. (KS-2)





Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik. (KS-3)





Mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri. (KS-4)





Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar secara berkelanjutan. (KS-5)





Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah sesuai dengan etika akademik dan melaporkannya dalam bentuk skripsi dan mengunggah artikel dalam laman perguruan tinggi. (KS-6)





Mampu menerapkan layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran secara mandiri sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku. (KS-7)





Mampu menghasilkan karya yang memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk mendukung pembelajaran di SD (KS-8)



Rumusan Program Studi PGSD Universitas Samudra





Mampu menghafal Asmaul Husna sesuai dengan makhrajul huruf yang benar (KS-9)